Tags

, , , , ,

Hello everyone!!
Saya akan kembali memposting tulisan yang masih terkait dengan konvergensi media. Hari ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan baru yang saya dapatkan di kelas Konvergensi Media beberapa hari yang lalu, yaitu mengenai gadget. Bagi pengguna gadget khususnya smartphone Android dan iPhone mungkin bisa saling sharing info di sini, terkait dengan bahasan yang akan dipaparkan berikut. Mengingat saya bukan pengguna iPhone hohooo.. Btw, saya masih setia dengan BlackBerry walaupun kini telah menjadi Android User, is it just me who feels BlackBerry more better than Android?? 됐어~

Tidak hanya industri media seperti televisi saja yang memiliki ideologi, ternyata untuk smartphone juga begitu. Kalau untuk televisi, terutama stasiun televisi swasta di Indonesia, perbedaan ideologi sangat kental terlihat di dalam dua stasiun seperti Metro TV milik Surya Paloh dan RCTI milik Hary Tanoe. Ideologi ini biasanya mengacu pada kepentingan pemilik kekuasaan atas media tersebut.

Sama halnya dengan Metro Tv dan RCTI, Android dan iPhone juga memiliki ideologi yang berbeda. Sering kali orang (termasuk saya) mengatakan bahwa ponsel Android dan iPhone berbeda, namun kurang mengetahui pasti perbedaannya berada di mana selain pada aplikasi yang ditawarkan. Apa yang ada di iPhone, terkadang tidak ditemukan di Android, begitu pula sebaliknya. Pada smartphone Android yang Google Based, merupakan ponsel yang open and free platform. Sedangkan iPhone yang notabennya Apple Based, merupakan ponsel dengan sistem walled garden. Oleh karena itu, aplikasi yang ada di Android terkadang tidak ditemukan di iPhone, karena tidak sembarang aplikasi bisa masuk ke iPhone karena adanya kontrol dari Apple itu sendiri. Aplikasi atau konten harus mengantongi izin akses dari Apple sebelum dapat dinikmati oleh user.

walaupun memiliki perbedaan sistem, pada akhirnya Android dan iPhone kini berada di atas BlackBerry. Secanggih apapun platform atau smartphone, dalam hal ini tetap akan kembali lagi pada user. Keputusan berada di tangan pengguna, walaupun industri telah memproduksi produk dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih.

Advertisements