Tags

, ,

beberapa hari yang lalu, saya untuk pertama kalinya mengikuti kelas Konvergensi Media. Konvergensi tersebut ternyata tidak hanya sebatas di mana media konvensional dan media baru saling melengkapi. Dari apa yang saya dapat dari kuliah pertama tersebut, konvergensi juga meliputi audience yang semakin aktif terhadap penggunaan media. Dari sini muncul istilah Produsage yang menurut Axel Bruns (2007) adalah di mana creation dan consumption saling berkombinasi ( http://theory.cribchronicles.com/2012/07/03/what-produsage-is-and-why-it-matters/ ).
Bahasa mudahnya, audience kini tidak hanya mengkonsumsi melainkan juga dapat menciptakan atau memproduksi konten media. Audience aktif terlibat dengan media.
Menurut artikel menarik yang saya baca di http://theory.cribchronicles.com/2012/07/03/what-produsage-is-and-why-it-matters/ , selama audience terkoneksi via beberapa platform, Prosumer Exchange bisa saja terjadi. Prosumer sama halnya dengan Produsage, yaitu di mana audience bisa merangkap menjadi produsen sekaligus konsumen media (Ritzer & Jurgenson, 2012). Prosumer Exchange di sini maksudnya adalah ketika saya dan kamu sama-sama menjadi prosumer/produsage. Contohnya seperti yang pernah saya tuliskan di twitter dengan tagar #MedConv13, variety show Korea Running Man, saya adalah hardcore fan of Running Man ini, ya bisa dibilang begitu, dan saya selalu menanti-nantikan tv show Korea yang satu ini. Running Man tayang setiap hari Minggu jam 6.10 PM waktu Korea di channel SBS dan bisa diakses/Live Streaming di SBS on Demand. Pada besok harinya, kita sudah dapat menikmati bahkan mendownload Running Man tersebut di berbagai situs dan tentunya video tersebut telah diterjemahkan ke bahasa Inggris. Admin situs tersebut juga memberitahukan kepada audience melalui jejaring sosial twitter bahwa Running Man dengan English Subtitle telah diupload. Dengan kata lain, si Admin ini telah menjadi produsage, di mana ia menonton tv Show tersebut, kemudian menerjemahkannya, lalu mengupload konten tersebut ke situs yang ia kelola. Prosumer Exchange seperti yang disebutkan sebelumnya, bisa saja terjadi ketika saya sebagai audience mendownload video tersebut dan mempost link video/link situs tersebut di twitter pribadi saya. Dengan demikian, saya di sini juga dapat dikatakan sebagai prosumer/produsage karena di satu sisi saya menonton video tersebut dan di sisi lainnya saya adalah pembuat konten dari akun jejaring sosial saya dengan menshare link video yang saya tonton tersebut. Dan seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa Prosumer Exchange ini terjadi selama para Prosumer tersebut memiliki media atau terkoneksi dengan berbagai platform. Contoh di atas menggambarkan bahwa saya dan pengelola situs tersebut sama-sama dikatakan produsage/prosumer, saya dan admin saling terkoneksi dengan media yang dimiliki. Prosumer Exchange juga memberikan keuntungan, di mana saya dapat mendownload dan menikmati tv show korea tersebut, sedangkan admin akan mendapatkan keuntungan karena video yang diupload banyak didownload oleh visitor yang mengetahui link situsnya dari apa yang saya post di twitter.. Hohoo

